Skip to main content

SMA atau SMK ?

Assalamualaikum, semoga kita selalu dalam keadaan sehat yaa.
Balik lagi di tulisan yang ga ada mutu nya ini. Hihi. :D

Kali ini saya bercerita tentang masa puncak galau yang akan dihadapi ketika saya lulus dari masa pendidikan wajib dulu ( Rata-rata mengalaminya ). 

yang PERTAMA, pada saat saya SMP tepatnya kelas 3 atau kelas IX dulu rata-rata saya dan teman-teman seumuran pasti merasakan galau yang sangat luar biasa, maklum pas umuran segini memang fase yang membingungkan antara memilih untuk masuk ke SMA atau ke SMK.

Yuk lanjut ....




SMK bebas dari pelajaran berat ( seperti Matematika, fisika, biologi dll ), SMA pasti pelajarannya berat. Itu hal yang ada dalam fikiran saya.

Pemikiran saya tetap seperti itu hingga saya lulus SMP. dan akhirnya saya coba ikut tes di SMK yang saya anggap cocok seperti keinginan saya ( keinginan saya yaitu di bidang robotika ). Tes demi tes saya lalui dan akhirnya saya diterima di SMK pilihan saya ini.

Ternyata tidak seperti yang difikirkan oleh kebanyakan orang, tidak semua anak SMK itu bandel dan nakal. walaupun adasih beberapa oknum yang seperti itu. tapi menurut saya tidak banyak dan bisa dihitung oknumnya. Di SMK kita dapat mengembangkan ilmu kita baik secara otodidak dan belajar dengan senior-seniornya. banyak kesempatan yang bisa kita ambil ilmunya pada saat ada bnyak waktu luang. asalkan ada kemauan dan niat saja. Ternyata dugaan saya selama ini salah, pelajaran fisika, matematika tetap ada di SMK :D hihi .. tp kata guru saya pelajaran fisika di SMK masih kalah sama Pelajran di SMA . hihi ..
Oia di SMK ada banyak pertandingan nasional maupun internasional yang dapat di ikuti sesuai dengan keahlian masing-masing lho.. contohnya : 


1. LKS ( Lomba Kompetensi Siswa ), biasanya lomba ini di adakan tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Lomba ini sesuai dengan jurusan atau keahlian masing-masing. contohnya saja seperti Lomba bidang Mekatronika, Bidang Electrical Instalation, Bidang akomodasi perhotelan, dan lain-lain.




2. TTG ( Teknologi Tepat Guna ), lomba ini membuat suatu keterampilan atau menciptakan sesuatu yang cerdas dan kreatif untuk mendukung suatu aktifitas. Dengan kata lain yaitu membuat suatu keterampilan yang dapat memudahkan dan bermanfaat. Bisa seperti tong sampah bernyanyi, powerbank dengan panel surya, dan lain-lain deh pokoknya masih banyak lagi.



3. ASC ( Asean Skill Competition ), yaitu suatu event 2 tahunan yang melombakan berbagai jenis keterampilan tingkat Asia Tenggara.


4. World Skill Competition, adalah kompetisi keterampilan internasional yang diakan sama seperti ASC yaitu setiap 2 tahun dinegara. 




Jujur pengetahuan saya tentang ASC dan Worldskill masih bnyak kekurangan. Mohon di maafkan bila terdapat kesalahan.

Tidak hanya itu masih bnyak event lomba yang di adakan di universitas-universitas baik tingkat regional ataupun nasional, contohnya seperti loba robotika ( biasanya berupa robot Line Tracer, robot soccer, Web Desain, Akutansi, dll. )

Selain lulusan SMK sudah siap kerja, lulusan SMK juga masih ada kesempatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Tapi tidak semua lulusan SMK bisa bebas memilih universitas layaknya seperti lulusan SMA. 
Masih banyak hal-hal positif yang didapat di SMK asalkan ada niatan dan kemauan untuk mencarinya. 

Sekian dulu dari saya. terimakasih dah mau mampir kesini lagi..
mohon maaf kalau ada salah-salah kata. karena ini dari pengalaman pribadi hehe.. 
wassalamualaikum .. 
#salamngeblor

Comments

  1. Kami adalah situs agen judi online yang merupakan agen poker & agen domino online uang asli terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kami hadir dengan sistem program terbaik yang menjamin keamanan data para member dan server canggih berkecepatan tinggi yang menjamin permainan cepat dan lancar tanpa macet. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips masuk STMKG - Jakarta

UPDATE 23 JULI 2017 Assalamualaikum. Haai.. Bingung habis lulus SMA sederajat mau lanjut kemana?  yuk coba baca ini, siapa tau berminat.... Mau Sekolah di Perguruan Tinggi selama pendidikan gratis?? Lulus langsung kerja?? Dikasih uang saku lagi selama pendidikan?? Siapa yang gak pengen bisa dapat kesempatan seperti ini.  Yuk lanjut......

Yuk lawan bad mood

Saat suasana hati sedang galau, mager, hidup rasanya seperti menderita. Mau melakukan sesuatu rasanya ga ada seperti gak ada semangatnya lagi. Mau main, makan, kekamar mandi rasanya susah sekali, apalagi senyum atau ketawa. Terutama saya.  hehehe

5 Wisata Wajib di Kota Batam

Assalamualaikum. terimakasih banyak nih yang udah nyempetin buat mampir ke blog ini.  Oia kali ini saya mau bahas tentang tempat wisata apa aja sih yang harus atau wajib di datangi di Batam.  Hmm... Mungkin ada yang belum tau ya Batam itu ada dimana ?? saya kasih tau ni ya, Batam itu sebuah kota yang terletak di salah satu pulau di Provinsi Kepulauan Riau di Indonesia. Letak kota ini merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis dan sangat dekat dan berbatasan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia. Terkenal dengan Black Market atau harga barang elektronika murahnya ( padahal gak juga ), Batam pertumbuhannya sangat pesat dan banyak tempat industri.  Langsung aja ya..